LOG IN

Dukung gerakan #JKTBebasSampah jadilah bagian dari Pasukan Bijak Sampah. Kamu secara tidak langsung akan menjadi "pahlawan lingkungan" dengan memberikan edukasi mengenai pengelolaan sampah kepada para masyarakat.

Ayo dukung gerakannya!

CONNECT WITH TWITTER

CONNECT WITH INSTAGRAM

Frequently Asked Question

ADA APA DENGAN SAMPAH JAKARTA

Setiap hari warga Jakarta menghasilkan sampah sebanyak 6500 ton atau setara dengan 25 Pesawat Boeing 747. Pengelolaan sampah yang selama ini dilakukan masih menggunakan pola kumpul-angkut-buang. Pola ini sama sekali tidak mendukung kegiatan guna ulang (Reuse) dan daur ulang (Recycle), sehingga tidak menyelesaikan masalah, tetapi hanya memindahkan masalah ke tempat lain. Pada musim hujan, sampah-sampah yang terbuang ke sungai menyumbat saluran air sehingga menyebabkan banjir, belum lagi air banjir yang penuh dengan lumpur mengakibatkan pendangkalan sungai yang disebabkan salah satunya sampah, juga adalah sumber dari penyakit.

APA GERAKAN JAKARTA BEBAS SAMPAH ITU?

Jakarta Bebas Sampah adalah sebuah komitmen bersama untuk mewujudkan Jakarta yang mampu mengelola sampahnya secara bertanggung jawab dengan prinsip 3R. Gerakan ini diinisasi oleh berbagai elemen, mulai dari pemerintah, swasta, komunitas serta masyarakat luas yang sudah sangat prihatin terhadap permasalahan sampah di Jakarta. Keinginan untuk menyelesaikan masalah sampah harus menjadi gerakan masif dengan kolaborasi berbagai kemampuan.

APA PERAN BANK DBS INDONESIA DALAM GERAKAN JAKARTA BEBAS SAMPAH?

Bank DBS Indonesia memiliki kampanye #Livemore yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjalani hidupnya dengan lebih baik. Sebagai bagian dari rangkaian kampanye tersebut, Bank DBS Indonesia turut membantu Waste4Change menyebarluaskan pesan positif dan mengajak sebanyak mungkin elemen masyarakat untuk terlibat, berkontribusi terhadap penyelesaian masalah sampah ini. Melalui #JKTBebasSampah #Livemore, Bank DBS Indonesia akan mengadakan petisi online guna mengumpulkan data solusi persampahan sekaligus kelas relawan dalam program Akademi Bijak Sampah bagi mereka yang ingin menjadi solusi dari masalah lingkungan yang kita hadapi.

APA ITU PETISI ONLINE JAKARTA BEBAS SAMPAH?

Petisi online Jakarta Bebas Sampah adalah Gerakan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat luas melalui situs JKTBebassampah.waste4change.com. Masyarakat yang ingin memberikan dukungan bisa menuliskan ide atau opininya tentang permasalahan sampah di Jakarta dengan menggunakan #JKTBebasSampah #Livemore #BankDBS. Target Dukungan yang ingin dicapai adalah 100.000 orang. Setiap dukungan yang diberikan akan dikonversikan menjadi sumbangan sebesar Rp 1000 yang akan diberikan Bank DBS kepada waste4change sebagai komitmen untuk membantu gerakan ini. Dana yang terkumpul akan digunakan oleh waste4change untuk melakukan kampanye tentang pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

KAMPANYE APA YANG AKAN DILAKUKAN DBS INDONESIA?

Waste4Change menggarap kampanye #JKTBebasSampah untuk dapat memetakan 1.000 solusi persampahan di Jakarta melalui sayembara online dan 7 sesi Akademi Bijak Sampah bagi mereka yang tertarik menjadi relawan. Informasi lebih lanjut bisa lihat disini Yuk Bergerak!

Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya silahkan hubungi kami.

HUBUNGI KAMI